Sabtu, 25 Oktober 2008

PLN Jawa Bali Plant Audit 1

Woww...lumayan juga niy dapat project gede lagi. Stlh dulu ngerjain MOP di PJB selama 2004 hingga 2006 (yang notabene aq cuma bisa denger dongengnya aj dari orang2 MTS), skrg giliran PLN yg jadi customer. PLN Jawa Bali Plant Audit 2008.

Berduet dengan NuClear Services Group Inc., MTSi melakukan audit di PJB Paiton-Gresik-Muara Karang, IP Suralaya-Tanjung Priok-Tambak Lorok, n Tanjung Jati B. KickOff meeting hari selasa minggu lalu di kantor PLN Pusat Jl.Trunojoyo JakSel, rabu langsung start assessment di IP Suralaya. Semua berjalan lancar. Everybody gives a good appreciation n the top level management can drives his people being involved in this activity.

Bwtq jadi amazing banget aja, jadi bisa learn a lot ttg PLTU. Kalo ttg system n technology-nya uda lumayan banyak paham lah. Tp ttg asset management dg business method n process yg dijalankan oleh PLTU, ini jadi yg pertama kali bwtq untuk bersentuhan/terjun langsung, dimana sblm2nya cuma bisa belajar dari buku2 n jurnal2 aj. Ditambah lagi dengan aktivitas Plant Walkdown, bakal jadi advantage aj bwtq, dimana aq bakal bisa menjelajahi beberapa power plant yang ada di jawa, menyusuri tiap sudut unit power plant, dari coal pile, boiler building, turbine house, cooling water system, flue gas management system, dll. Teknologi yang digunakan antara power plant yg satu dengan power plant yang lain pasti akan bervariasi meskipun secara general gak bakal terlalu jelas terlihat bedanya. So, aq jadi bisa banding2in PowerPlantA dengan teknologiA dan business processA dibandingin dengan PowerPlantB dengan teknologi n business processnya sendiri. Bisa dipelajari banget kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kerja bareng Earl (yg mantan Plant Manager TVA Kingston PowerPlant) dan Bill (yg mantan GM EPRI Solutions Inc.) menjadi hal lain yg excited banget. Dapat banyak sekali ilmu terapan dari mereka, bagaimana pengelolaan dan work culture PowerPlant di USA, bagaimana cara berpikir n bekerja mereka dalam proyek ini, hingga ke hal2 yg gak penting2 juga..hehee....

fyi, ternyata mereka ngrasa stress banget di Indonesia loh. Di setiap perjalanan darat, dalam mobil mereka pasti ngomel "How d'you can live with this terrible traffic....??? see, motorcycles overtake yur car from right side n left side....they pass in the same line with cars....no no...i wont drive here....although just trying..." kekekkk....yaa aq cuma bisa bilang kemereka. "okey, it must be very terrible for u both, but everybody recognize, if you're success driving in jakarta, then you'll be able to drive everywhere in the world...."...hahaa...mereka cuma geleng2. Yaa, se-crowded2nya traffic di amrik, katanya c gak se-gila traffic di indonesia gt....(kekekk....emang iya c)

oke then... Dua hari di Cilegon-Suralaya, kamis malam terbang ke Surabaya. Jumat pagi giliran ke PJB Gresik. Bill, Pak Dian, n aq melakukan assessment disana. Aktivitasnya serupa dengan di Suralaya. Aq nginep di kantor....lagi...(hehe5....ya gpp lah, masih bujang juga :p), n Senin sore besok abis dari Gresik, langsung terbang lagi ke Jakarta, trus langsung ke Semarang. hehee mbulet ae....masalahnya qta gak berhasil dapat tiket yg surabaya - semarang langsung...uda over booked. So, terpaksa rawariwi sby-jkt-smrg gt de..... Sedangkan Earl dan Pak Dian, ke PJB Paiton (waaah, sayang aq gak ikut ke paiton. kan lumayan bisa mampir rumah....hehe5...dan juga, di PJB Paiton aq bakal bisa ketemu sama bapaknya wyan sm niken, uda lama gak ketemu soalnya).

but at least, i enjoy all this stuff so far :)
n (always...) semangaaaat...!!!!

Tidak ada komentar: